Error Saat Proses Restore Iphone X


Kejadian ini terjadi beberapa bulan lalu, saat iphone x saya tidak dapat di restore. Awal kejadian, iphone tersebut dalam kondisi mati total karena lowbatt dan tidak dapat dinyalakan kembali. Dalam kondisi biasa, iphone akan hidup kembali setelah proses charging. Namun, setelah proses charging yang lama, iphone tidak dapat dihidupkan dan proses berhenti saat logo apple muncul.

Menurut website apple , dalam kondisi ini iphone harus di lakukan proses restore dengan menghubungkan hp ke perangkat ke komputer. Pada Mac dengan macOS Catalina 10.15, buka Finder. Untuk Mac dengan macOS Mojave 10.14 atau versi lebih lama, atau di PC, buka iTunes. Pertama pastikan dulu iTunes di laptop / PC kamu adalah versi yang paling baru. Setelah itu restart paksa iPhone dengan menekan kombinasi tombol berikut ini:

  1. iPhone X, iPhone 8, atau iPhone 8 Plus: Tekan dan cepat lepas Volume Up, Tekan dan cepat lepas Volume Down, lalu Tekan tahan tombol power sampai muncul logo Apple.
  2. iPhone 7 atau iPhone 7 Plus: tekan dan tahan tombol power + volume down sampai muncul logo Apple
  3. iPhone 6s atau yang lebih lawas / iPad: tekan dan tahan tombol home + power sampai muncul logo Apple

Setelah mengikuti panduan diatas, iphone tetap tidak dapat di restore. Saat proses restore berlangsung, muncul  pesan “The iPhone could not be restored. An unknown error (4013)”. Setelah mencoba berulang kali, kondisi ini tetap berulang.

Saya kemudian mencoba beberapa cara yang dibagikan melalui beberapa chanel youtube, tidak ada satupun cara yang berhasil.

Akhirnya saya menyerah, dengan sangat terpaksa iphone tersebut saya bawa salah satu tempat service resmi apple. Setelah menunggu seharian, teknis menyampaikan bahwa terjadi kerusakan pada bagian mesin dan harus dilakukan penggantian perangkat dengan biaya lebih dari Rp 8 jt. Harga yang lumayan besar untuk proses perbaikan, dengan pertimbangan lebih baik membeli perangkat baru, iphone tersebut saya bawa pulang.

Saat tiba dirumah, saya kembali membuka chanel2 youtube terkait perbaikan iphone x. Salah satunya menjelaskan bahwa ia tidak mengetahui kenapa proses restore iphonenya berhasil. Ia hanya berusaha mendinginkan perangkat iphone langsung dibawah AC kemudian kembali melakukan proses restore dan berhasil. Ibarat orang yang putus asa akan melakukan apapun agar berhasil, nothing to lose. Sayapun mencoba hal yang sama. AC kamar saya atur pada suhu terendah, kemudian saya melepaskan casing dengan harapan iphone tersebut akan lebih dingin. Kondisi ini saya diamkan sepanjang malam.

Keesokan hari, saya memulai proses restore dengan kondisi iphone yang cukup dingin dan berhasil. Saya belum mendapatkankan penjelasan detail terkait hal ini, tapi bagi yang memiliki permasalahan yang sama, Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s